Rabu, 13 April 2016

Web dan Interaksi Pengguna

Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) atau yang sering disebut dengan Human Computer Interaction (HCI) merupakan sebuah studi yang mempelajari tentang manusia, teknologi, dan bagaimana mereka saling berinteraksi. HCI merupakan hubungan antara manusia dengan komputer baik itu secara langsung mau pun tidak langsung. Human yang dimaksud di sini adalah seseorang atau organisasi yang terdiri dari banyak orang yang bekerja secara bersama-sama untuk tujuan atau visi tertentu. Sedangkan computer merupakan sebuah alat atau pun device seperti desktop, PC, mobile, smartphone, dan lain sebagainya yang juga bisa digunakan untuk berkomunikasi, untuk browsing internet, untuk membuat program, untuk bermain game, atau pun hal-hal lain yang bisa dilakukan oleh manusia dan mendukung kegiatan manusia tersebut. Sedangkan interaction merupakan sebuah hubungan timbal balik atau komunikasi antar komputer dan manusia baik secara langsung mau pun tidak langsung dan hubungan ini memiliki manfaat yang lebih bagi manusia itu sendiri.
Namun kali ini yang akan dibahas adalah perilaku pengguna dan web, dimana web merupakan salah satu hasil dari interaksi antara manusia dengan komputer yang sangat bermanfaat dan sedang berkembang sangat pesat saat ini.
1. Perilaku navigasi
Ada dua tipe navigasi. Yang pertama adalah yang standar, yang memberikan overview dan peta penjelajahan situs. Biasanya bisa ditemukan secara konsisten baik di bagian atas, samping atau footer. Yang kedua adalah navigasi versi advance. Jenis ini masih bertujuan memberikan alat untuk menelusuri situs, namun dengan cara lebih spesifik. Misal lewat kategori, pengarang, produsen, range harga, dan lain lain. Navigasi semacam ini sebenarnya mirip dengan fitur search namun sudah diberi antar muka yang lebih intuitif.
2. Perliaku pencarian
Fitur pencarian di dalam sebuah telah di desain sedemikian rupa dengan batasan-batasan tertentu. Ketika situs Anda tumbuh tentunya  Anda akan semakin tahu pola pemakaian oleh pengguna. Termasuk di dalamnya adalah pola pencarian dalam rangka mendapatkan pengalaman terbaik dalam pemanfaatan situs.
3. Rekomendasi Web
Web recomendation atau rekomendasi web merupakan layanan web yang merekomendasikan atau menyarankan beberapa saran kepada pengguna yang membutuhkan suatu informasi tertentu.
4. Web Merefleksikan Perilaku Sosial
Web pun dapat merefleksikan perilaki sosial masyarakatnya, dengan adanya alat pengukur banyaknya orang/ IP address yang mengakses web tersebut dapat menunjukkan bahwa web tersebut menarik perhatian masyarakat dan pastinya akan mempengaruhi sikap sosial seaeoramg contohnya seseorang yang sering mengakses situs belanja online akan mempunyai gaya hidup yang boros karena tergiur oleh harga yang lebih murah daripada conter ataupun diskon-diskon yang ada. berita online biasanya lebih cepat atau up to date dalam menyampaikan berita terbaru. Masyarakat/pembaca yang membuka web berita itu pun lebih cepat untuk mengetahui peristiwa yang baru terjadi.
5. Web Mempengaruhi Perilaku Sosial
Web sebagai salah satu bentuk teknologi dan informasi yang sangat populer di masyarakat menjadi salah satu pemicu yang mempengaruhi perilaku sosial masyarakat. ada 2 dampak yang dimbulkan yaitu :
1. Dampak positif :
v  lebih cepat dan mudah dalam meyelesaikan pekerjaan dalam hal ini berarti membantu pekerjaan manusia
v  dapat berkomunikasi dengan baik tidak peduli jarak dan waktu sehingga membuat manusia saling berinteraksi dengan mudah
v  mudah mencari informasi serta berbelanja online pun dapat dilakuka
2. Dampak negatif :
v  munculnya banyak penipu yang memanfaatkan internet
v  adanya plagiatisme
v  munculnya pencurian/hack
v  munculnya banyak konyen-konten dewasa yang seharusnya tidak dilihat anak kecil dapat merusak mental
v  bahaya kesehatan akibat radiasi yang ditimbulkan oleh komputer itu sendiri



 DAFTAR PUSTAKA:
http://eituzed.blogspot.co.id/2014/05/web-dan-perilaku-pengguna.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar