Tumblr adalah layanan blogging seperti halnya Blogger ataupun WordPress tetapi dengan format yang lebih sederhana. Di saat bersamaan Tumblr juga punya kemiripan dengan layanan jejaring sosial, Twitter karena di dalamnya pengguna bisa saling mengikuti. Fitur yang dipunyai Tumblr juga tak lepas dari nuansa Facebook, di mana pengguna bisa saling menyukai dan memposting konten teks, foto, audio, tautan serta video. Tapi dikarenakan di Tumblr pengguna mendapat ruang yang lebih leluasa untuk menuliskan buah pikiran, mengatur konten dan tampilannya, sehingga oleh banyak orang Tumblr lebih dikelompokkan ke dalam layanan blogging ketimbang jejaring sosial.
Sejarah Tumblr
Tumblr lahir kira-kira tiga tahun
setelah Facebook dirilis, yaitu delapan tahun silam tepatnya pada bulan
Februari 2007. Adalah David Karp yang pertama kali menggagas pembuatan Tumblr.
Karp sendiri sudah sejak lama memiliki ketertarikan yang tinggi dengan dunia
tumblelogs – versi pendek dari blog, dan berkeinginan membuat platform bloggingnya
sendiri. Setelah lama menunggu momen yang tepat, pada tahun 2006 akhirnya Karp
dan Marco Arment mulai bergerilya mengerjakan proyek
Tumblr.
Singkat cerita Tumblr pun memulai
debut, dan hanya butuh waktu dua minggu baginya untuk menjaring 75.000
pengguna. Kini, per 27 Januari 2016 Tumblr tercatat telah menampung sebanyak
276,3 juta blog dan menerbitkan tak kurang dari 128,3 miliar postingan. Per
bulannya ada 555 juta pengunjung yang setia membaca dan berinteraksi di sana.
Fitur-fitur Tumblr
Tumblr mempunyai sejumlah
fitur-fitur utama, mayoritas ditujukan untuk aktivitas blogging, sementara
sisanya bertujuan mempermudah pengguna untuk berinteraksi dan berteman.
Blog
Fitur utama yang menjadi
primadona dan memang jadi kekuatan Tumblr adalah blog. Jadi, sebagaimana
WordPress dan Blogger, setelah mempunyai akun di Tumblr pengguna nantinya
mempunyai keleluasaan untuk membuat blog dengan nama yang diinginkan. Ada dua
jenis blog yang ada di Tumblr, pertama blog primary atau utama yang dibuat
ketika pertama kali mendaftarkan diri. Kedua, blog secondary atau blog tambahan
yang dibuat ketika sudah menjadi anggota dan berfungsi sebagai koleksi blog. Tumblr juga punya fitur yang
namanya Group Blog, merupakan jenis blog yang terdiri dari banyak pengguna.
Tetapi fitur ini hanya bisa digunakan di grup secondary.
Dashboard
Dashboard merupakan panel admin
yang gunanya untuk mempermudah pengguna mengelola konten, desain, logo dan
deskripsi blog. Dari panel ini pengguna juga dapat mengakses menu-menu lainnya
yang tidak ditemukan oleh pengunjung biasa.
Post
Seperti yang sudah disinggung di
atas, di Tumblr pengguna dapat mempublikasikan berbagai konten. Yang pertama
konten berjenis teks atau tulisan, di dalamnya sobat juga bisa menyisipkan
gambar. Langkah pembuatan konten jenis teks kurang lebih sama dengan layanan blog
lainnya, akan ada jendela editor yang dilengkapi sejumlah tool. Selain postingan berbentuk teks,
pengguna juga bisa menerbitkan konten video, audio, tautan dan kutipan.
Explore
Inilah yang membedakan Tumblr
dengan platform blogging lainnya. Di Tumblr ada namanya fitur Explore, fitur
yang memudahkan pengguna untuk menemukan konten blog lain yang sedang jadi
hits. Masing-masing konten nantinya dipisahkan berdasarkan jenis postingan, dan
dari sana pengguna langsung bisa reblog, mengikuti (follow) atau menyukai
(like) blog–blog tersebut.
Reblog
Fitur ini memudahkan pengguna
untuk menerbitkan ulang sebuah postingan blog lain yang disukai ke blog yang ia
kelola.
Follow dan Like
Fitur inilah yang memberikan
warna berbeda pada Tumblr, di mana dengannya pengguna dapat saling terhubung.
Follower akan memperoleh pembaruan konten dari pengguna yang diikuti.
Pesan dan Chat
Tumblr juga mempunyai fitur pesan
dan obrolan yang membuatnya menjadi platform blogging yang paling lengkap.
Sobat DS tidak akan menjumpai fitur seperti ini di sebagian besar layanan
serupa, bahkan di layanan sekelas WordPress dan Blogger.
Activity
Terakhir, Tumblr juga menyiapkan
panel di mana pengguna dapat memantau segala aktivitas yang terjadi di blognya.
Mulai dari reblog yang dilakukan pengguna lain, like, dan juga apabila ada
pengikut baru. Semua informasi tersebut disajikan di fitur yang namanya Activity.
Cara Membuat Blog Tumblr
Membuat blog di Tumblr tidaklah
sulit, syarat pertama Anda harus mempunyai akun. kemudian ikuti step-stepnya secara urut. silahkan baca kembali di artikel ini.
Akuisisi oleh Yahoo
Keberhasilan Tumblr merangkul
generasi muda ternyata terdeteksi oleh radar Yahoo yang dinahkodai oleh Marissa
Mayer. Sehingga pada tahun 2013, Yahoo mengajukan penawaran untuk meminang
Tumblr. Gayung bersambut, tepat di 20 Mei 2013 (selesai di 20 Juni)
Tumblr setuju untuk berganti kepemilikian dengan mahar $1,1 miliar, tunai!
SUMBER:
https://dailysocial.id/post/apa-itu-tumblr/
SUMBER:
https://dailysocial.id/post/apa-itu-tumblr/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar