a)
Teknologi game
Teknologi game terdiri
dari 2 kata, yaitu teknologi dan game. Pertama pengertian dari teknologi. Kata
teknologi sebenarnya berasal dari Bahasa Perancis yaitu La Teknique yang
dapat diartikan dengan semua proses yang dilaksanakan dalam upaya untuk
mewujudkan sesuatu secara rasional. Dalam hal ini yang dimasukkan dengan
sesuatu tersebut dapat saja berupa benda atau konsep, pembatasan cara yaitu
secara rasional adalah penting sekali dipahami disini sedemikian pembuatan atau
pewujudan sesuatu tersebut dapat dilaksanakan secara berulang.
Teknologi dalam arti
ini dapat diketahui melalui barang-barang, benda-benda atau alat-alat yang
berhasil dibuat oleh manusia untuk memudahkan dan menggampangkan realisasi
hidupnya didalam dunia. Hal mana juga memperlihatkan tentang wujud dari karya
cipta dan karya seni menusia. Dari sini muncul istilah teknologi yang
berarti ilmu yang mempelajari tentang techne manusia. Teknologi sebenarnya
lebih dari sekedar penciptaan barang, benda atau alat lain. Teknologi bahkan
telah menjadi suatu sisyem atau struktur dalam eksistensi manusia di dalam
dunia. Teknologi juga membentuk dan menciptakan suatu komunitas manusia yang
lain. Teknologi juga penerapan keilmuan yang mempelajari dan mengembangkan
kemampuan dari suatu rekayasa dengan langkah dan teknik tertentu dalam suatu
bidang.
Game adalah
sesuatu yang sangat digemari oleh anak-anak hingga orang dewasa. Game berarti
hiburan. Permainan game juga merujuk pada pengertian sebagai kelincahan
intelektual (intellectual playability). Sementara kata game bisa diartikan
sebagai arena keputusan dan aksi pemainnya. Ada target-target yang ingin
dicapai pemainnya. Kelincahan intelektual, pada tingkat tertentu, merupakan
ukuran sejauh mana game itu menarik untuk dimainkan secara maksimal.
Beberapa waktu lalu
istilah game yang dalam bahasa Indonesia adalah permainan identik dengan
anak-anak selaku pemain. Tentunya dalam permainan itu suatu kegiatan yang
dilakukan oleh anak-anak yang menurut mereka itu dapat menyenangkan hati
mereka. Segala bentuk kegiatan yang memerlukan pemikiran, kelincahan
intelektual dan pencapaian terhadap target tertentu dapat dikatakan sebagai
game. Tetapi yang akan dibahas pada kesempatan ini adalah game yang terdapat di
komputer, baik off line maupun online.
b)
Bisnis Game Komputer
Game/permainan adalah
sesuatu yang sangat digemari oleh anak-anak hingga orang dewasa. Game berarti
“hiburan”. Permainan game juga merujuk pada pengertian sebagai “kelincahan
intelektual” (intellectual playability). Sementara kata “game” bisa diartikan
sebagai arena keputusan dan aksi pemainnya. Ada target-target yang ingin
dicapai pemainnya. Kelincahan intelektual, pada tingkat tertentu, merupakan
ukuran sejauh mana game itu menarik untuk dimainkan secara maksimal.
Bisnis dalam game
komputer berkembang pesat, dulu hanya dapat menikmati game yang tersedia di
dalam komputer itu sendiri, seperti pinball dan solitaire. Namun sekarang sudah
tersedia game online, dan juga games yang dapat didownload baik free maupun
berbayar. Games berbayar juga merupakan bisnis karena sama saja dengan kita
mengeluarkan uang untuk membeli sebuah barang. Games berbayar ini biasanya
memberikan kepuasan tersendiri bagi pembelinya, karena terdapat fitur yang
bagus di dalamnya. Perkembangan lainnya ialah warung internet atau yang sering
kita dengar dengan istilah warnet. Warnet kini identik dengan game online yang
mereka sediakan, adapun game berbayar yang disediakan warnet sehingga kita
hanya tinggal memainkannya. Baik anak kecil hingga orang dewasa mempunyai hobi
bermain game online ini. Dengan menyediakan tempat, perangkat komputer yang
lengkap, dan fasilitas pendukung lainnya, membuat gamers betah berlama-lama
untuk bermain.
Saat ini perkembangan
games di komputer sangat cepat. Para pengelola industri game berlomba-lomba
untuk menciptakan game yang lebih nyata dan menarik untuk para pemainnya. Hal
inilah yang membuat perkembangan games di komputer sangat cepat. Sehingga games
bukan hanya sekedar permainan untuk mengisi waktu luang atau sekedar hobi.
Melainkan sebuah cara untuk meningkatkan kreatifitas dan tingkat intelektual
para penggunanya.
Aspek-aspek
yang harus diperhatikan mengenai bisnis di dalam dunia game:
·
Modal Dasar, dimaksud dengan modal dasar
itu bukan hanya berbentuk uang ataupun financial saja, akan tetapi bisa juga
berbentuk keterampilan ataupun tenaga ahli. Dalam memulai bisnis game, tentu
kita memerlukan sebuah tim, dengan keahlian di bidangnya masing-masing seperti:
Game Designer, programmer, illustrator, translator, dll.
·
Biaya Operasional, poin yang berbicara
tentang uang. Mengapa kita memerlukan uang ? tentu kita memerlukan uang, uang
diperlukan untuk biaya peralatan kerja, modal awal, hingga pemasaran. Disini
kita harus sangat jeli dan memperhitungkan bagaimana suatu bisnis game itu
terbangun serta berjalan dengan lancar agar bisa mengalami kemajuan dan
mendapatkan keuntungan yang semakin lama semakin meningkat.
·
Keuntungan , Setelah mengetahui
tentang modal dasar serta biaya operasional, maka mulailah bisnis berjalan.
Mulai dari sini kita bisa memperhitungkan apakah bisnis ini mempunyai
keuntungan jika dijalankan terus-menerus atau sebaliknya, alangkah baiknya jika
kita menghentikan bisnis ini dan melakukan intropeksi kesalahan apabila
menimbulkan kerugian / kebangkrutan.
·
Masa Depan Bisnis, Aspek ini akan
mengkaji lebih komprehensif mengenai masa depan bisnis Anda. Jangan sampai,
kita tahu bahwa bisnis game yang digeluti adalah bisnis musiman, namun
perencanaan yang diterapkan adalah untuk bisnis yang permanen. Modal investasi
ke depan dan keuntungan menjadi tolak ukur keberhasilan suatu bisnis, lalu apa
langkah selanjutnya? Dalam artian setelah bisnis telah kembali modalnya lalu
bagaimana seorang pebisnis itu mengembangkan modal awalnya dan menabung
keuntungan yang telah kita dapat dari bisnis yang sudah dijalani.
Aspek
Perkembangan Bisnis Game
Beberapa aspek yang sangat berpengaruh dalam
pengembangan sebuah bisnis di industri game termasuk dalam industri kreatif,
yaitu : Sumber Daya Manusia (SDM), Industri, Teknologi, Institusi, dan Finansial
(Sumber dana).
·
Sumber Daya Manusia, Mulai tumbuhnya SDM
kreatif dan mulai mendapatkan apresiasi dari khalayak lain, tetapi masih belum
menjadi konsen atau fokus pemikiran dan masih kurangnya tenaga kreatif untuk
dijadikan pondasi.
·
Industri, Jalur distribusi fisik dan
koneksi virtual dalam kualitas infrastruktur masih rendah serta daya tawar
distributor lebih besar dibanding produsen.
·
Teknologi, Pertumbuhan sektor teknologi
informasi yang semakin pesat, serta lemahnya penguasaan teknologi dalam bidang
industri kreatif.
·
Institusi, Dukungan pemerintah dalam
bentuk kebijakan dan aturan untuk pengembangan industry kreatif. Adapun
kurangnya apresiasi masyarakat terhadap industri kreatif.
·
Finansial / Sumber Dana, Bantuan
pemerintah dalam pemberian kredit pada UMKM. Serta belum adanya skema
pembiayaan yang sesuai dengan industri kreatif.
Aspek
Teknologi dan Bisnis Dalam Game
Dilihat dari beberapa
sisi, maka terdapat beberapa aspek yang dapat dilihat dalam perkembangan
teknologi, diantaranya aspek ekonomi, aspek sosial budaya dan berbagai aspek
lainnya. Diantaranya :
·
Aspek Ekonomi, Adanya perkembangan
ekonomi yang pesat telah mempengaruhi berbagai bidang, salah satunya
perekonomian. Perkembangan teknologi dijadikan suatu gambaran bahwa semakin
maju perkembangan teknologi disuatu negara maka perekonomian di negara tersebut
juga maju.
Pengaruh Positif
Belanja Online : dengan
semakin canggihnya teknologi saat ini juga dapat memudahkan orang dalam hal
belanja. Tingkat keberhasilan dari online shop menjadikannya semakin banyak
diminati. Orang akan lebih banyak berbelanja di online shop karena dianggap
lebih praktis.
Pembayaran melalui Bank
/ ATM : kemajuan teknologi juga dirasakan dengan adanya mesin ATM. Orang dapat
dengan mudah melakukan transaksi hanya dengan melalui mesin ATM, selain lebih
cepat juga lebih aman karena tidak perlu membawa uang cash dalam jumlah yang
banyak dalam melakukan transaksi secara besar.
Pengaruh Negatif
Persaingan dalam dunia
kerja. Adanya perkembangan teknologi juga memberikan dampak negatif terhadap
perekonomian. Contohnya penyerapan tenaga kerja, saat ini semakin banyak pabrik
yang lebih banyak menggunakan tenaga mesin dibandingkan dengan tenaga manusia
karena dianggap lebih menguntungkan dalam hal waktu juga dari hasil kerja.
Kalaupun ada yang menggunakan tenaga manusia maka individu tersebut harus dapat
memenuhi kriteria yang diharapkan seperti memiliki pengetahuan yang tinggi dan
skill yang bagus.
·
Aspek Sosial, Perkembangan teknologi
juga sedikit banyaknya telah mempengaruhi bidang sosial, mempengaruhi sikap dan
gaya hidup seseorang dalam proses sosialisasi.
Pengaruh Positif
Dengan adanya teknologi
memudahkan banyak orang dalam hal berkomunikasi. Dengan jarak jauh sekalipun
orang dapat berkomunikasi baik melalui telepon, handphone, video call, e-mail,
bbm bahkan media sosial seperti facebook, twitter dan sebagainya. Selain itu
dengan adanya media sosial kita bisa mengenal orang-oranng dan teman-teman baru
yang bahkan berada diluar negeri dengan mudah.
Pengaruh Negatif
Kurangnya
bersosialisasi dengan keluarga dan tetangga, dengan adanya teknologi yang
semakin canggih kita dapat melakukan apapun dengan mudah, tetapi hal ini juga
akan berpengaruh kepada proses sosialisasi individu. Contohnya anak-anak akan
lebih asik menghabiskan waktunya di depan komputer atau game console hanya
untuk main game. Para remaja akan lebih sering berkutat dengan androidnya untuk
chating di media sosial, atau sekedar browsing di internet dalam waktu yang
lama. Dalam hal ini saja para anak-anak dan remaja akan lebih sering
menghabiskan waktunya dengan gadget dibandingkan dengan keluarganya atau teman
sebayanya. Atau jika seorang ibu lebih asik menonton acara gosip atau sinetron
ditelevisi dan seorang ayah lebih suka menghabiskan waktunya depan gadgetnya
untuk mengerjakan tugas kantor atau hanya sekedar untuk membaca surat kabar
secara online. Maka bisa dipastikan orang-orang akan berada pada zona nyaman
tersebut dan enggan untuk keluar dan bergabung walau hanya sekedar untuk
berbincang dengan tetangga sekitar rumah. Hal ini menjadikan kurangnya
sosialisasi individu terhadap lingkungan sekitarnya.
·
Aspek Budaya, Budaya di Indonesia saat
ini sudah dipengaruhi oleh kemajuan teknologi. Ada dampak positif dan
negatifnya dari keterkaitan teknologi dengan budaya yang ada.
Pengaruh Positif
Pertukaran budaya akan
lebih mudah dilakukan dengan adanya kemajuan dari teknologi. Melalui akses
internet, kita dapat dengan mudah mempelajari suatu budaya tanpa harus pergi ke
tempat asal dari budaya tersebut. Tarian, musik, film, makanan dan sebagainya
dapat dengan mudah kita pelajari hanya dengan mengakses internet.
Pengaruh Negatif
Adanya kebiasaan yang
mulai ditinggalkan, misalnya saat menjelang idul fitri. Dulu saat menjelang
idul fitri orang-orang akan sibuk denngan mengirim kartu ucapan di kantor pos,
atau akan berkunjung dari satu rumah ke rumah lainnya pada tetangga atau sanak
saudara. Namun seirng dengan kemajuan jaman dan kemajuan teknologi saat ini
orang akan lebih suka mengirim ucapan selamat atau ucapan maaf melalui telepon,
sms, atau bbm bahkan melalui media sosial karena diangap lebih mudah, lebih
cepat dan lebih praktis
c)
3D Engine
Game
engine adalah sebuah sistem perangkat lunak (software) yang dirancang untuk
pembuatan dan pengembangan suatu video game. Game engine memberikan
kemudahan dalam menciptakan konsep sebuah game yang akan di buat. Mulai dari
sistem rendering, physics, arsitektur suara scripting, A.I, dan bahkan sistem
networking. Game engine dapat dikatakan sebagai jiwa dari seluruh aspek sebuah
game.
Engine
Berbayar untuk membuat game 3D:
1.
3D Game Maker
2.
3D Game Studio
3.
DarkBASIC
4.
TrueVision
5.
FPS Creator
6.
Blade 3D
7.
Source
8.
Esenthel for commercial
9.
Torque 3D
10.
Shiva 3D
11.
CryEngine
Engine
Gratis untuk membuat game 3D:
1.
Panda 3D *)
2. OGRE
*)
3.
Esenthel for noncommercial
4.
Unity Free Edition
5.
G3D *)
6.
Genesis3D *)
7.
FPS Creator Free Edition
8.
DarkBASIC Pro Free Edition
9.
Cube 2 (Sauerbraten) *)
10.
Unreal Development Kit
11.
Platinum Arts Sandbox *)
12.
CAST II *)
13.
3D RAD Pro
14.
DX Studio
15.
Blender *)
16.
Angel ( ini enginenya Nusantara Online) *) **)
17.
Irrlicht *)
18.
id Tech (a.k.a Doom Engine, yang dipakai membuat Doom 2) *)
19.
Quake Engine (yang dipakai menggarap Quake dan HalfLife) *)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar