Senin, 27 Maret 2017

Penulisan 1 - Pengantar Teknologi Game

a)      Teknologi game
Teknologi game terdiri dari 2 kata, yaitu teknologi dan game. Pertama pengertian dari teknologi. Kata teknologi sebenarnya berasal dari Bahasa Perancis yaitu La Teknique yang dapat diartikan dengan semua proses yang dilaksanakan dalam upaya untuk mewujudkan sesuatu secara rasional. Dalam hal ini yang dimasukkan dengan sesuatu tersebut dapat saja berupa benda atau konsep, pembatasan cara yaitu secara rasional adalah penting sekali dipahami disini sedemikian pembuatan atau pewujudan sesuatu tersebut dapat dilaksanakan secara berulang.
Teknologi dalam arti ini dapat diketahui melalui barang-barang, benda-benda atau alat-alat yang berhasil dibuat oleh manusia untuk memudahkan dan menggampangkan realisasi hidupnya didalam dunia. Hal mana juga memperlihatkan tentang wujud dari karya cipta dan karya seni menusia. Dari sini muncul istilah teknologi  yang berarti ilmu yang mempelajari tentang techne manusia. Teknologi sebenarnya lebih dari sekedar penciptaan barang, benda atau alat lain. Teknologi bahkan telah menjadi suatu sisyem atau struktur dalam eksistensi manusia di dalam dunia. Teknologi juga membentuk dan menciptakan suatu komunitas manusia yang lain. Teknologi juga penerapan keilmuan yang mempelajari dan mengembangkan kemampuan dari suatu rekayasa dengan langkah dan teknik tertentu dalam suatu bidang.
Game adalah sesuatu yang sangat digemari oleh anak-anak hingga orang dewasa. Game berarti hiburan. Permainan game juga merujuk pada pengertian sebagai kelincahan intelektual (intellectual playability). Sementara kata game bisa diartikan sebagai arena keputusan dan aksi pemainnya. Ada target-target yang ingin dicapai pemainnya. Kelincahan intelektual, pada tingkat tertentu, merupakan ukuran sejauh mana game itu menarik untuk dimainkan secara maksimal.
Beberapa waktu lalu istilah game yang dalam bahasa Indonesia adalah permainan identik dengan anak-anak  selaku pemain. Tentunya dalam permainan itu suatu kegiatan yang dilakukan oleh anak-anak yang menurut mereka itu dapat menyenangkan hati mereka. Segala bentuk kegiatan yang memerlukan pemikiran, kelincahan intelektual dan pencapaian terhadap target tertentu dapat dikatakan sebagai game. Tetapi yang akan dibahas pada kesempatan ini adalah game yang terdapat di komputer, baik off line maupun online.
b)      Bisnis Game Komputer
Game/permainan adalah sesuatu yang sangat digemari oleh anak-anak hingga orang dewasa. Game berarti “hiburan”. Permainan game juga merujuk pada pengertian sebagai “kelincahan intelektual” (intellectual playability). Sementara kata “game” bisa diartikan sebagai arena keputusan dan aksi pemainnya. Ada target-target yang ingin dicapai pemainnya. Kelincahan intelektual, pada tingkat tertentu, merupakan ukuran sejauh mana game itu menarik untuk dimainkan secara maksimal.
Bisnis dalam game komputer berkembang pesat, dulu hanya dapat menikmati game yang tersedia di dalam komputer itu sendiri, seperti pinball dan solitaire. Namun sekarang sudah tersedia game online, dan juga games yang dapat didownload baik free maupun berbayar. Games berbayar juga merupakan bisnis karena sama saja dengan kita mengeluarkan uang untuk membeli sebuah barang. Games berbayar ini biasanya memberikan kepuasan tersendiri bagi pembelinya, karena terdapat fitur yang bagus di dalamnya. Perkembangan lainnya ialah warung internet atau yang sering kita dengar dengan istilah warnet. Warnet kini identik dengan game online yang mereka sediakan, adapun game berbayar yang disediakan warnet sehingga kita hanya tinggal memainkannya. Baik anak kecil hingga orang dewasa mempunyai hobi bermain game online ini. Dengan menyediakan tempat, perangkat komputer yang lengkap, dan fasilitas pendukung lainnya, membuat gamers betah berlama-lama untuk bermain.
Saat ini perkembangan games di komputer sangat cepat. Para pengelola industri game berlomba-lomba untuk menciptakan game yang lebih nyata dan menarik untuk para pemainnya. Hal inilah yang membuat perkembangan games di komputer sangat cepat. Sehingga games bukan hanya sekedar permainan untuk mengisi waktu luang atau sekedar hobi. Melainkan sebuah cara untuk meningkatkan kreatifitas dan tingkat intelektual para penggunanya.
Aspek-aspek yang harus diperhatikan mengenai bisnis di dalam dunia game:
·         Modal Dasar, dimaksud dengan modal dasar itu bukan hanya berbentuk uang ataupun financial saja, akan tetapi bisa juga berbentuk keterampilan ataupun tenaga ahli. Dalam memulai bisnis game, tentu kita memerlukan sebuah tim, dengan keahlian di bidangnya masing-masing seperti: Game Designer, programmer, illustrator, translator, dll.
·         Biaya Operasional, poin yang berbicara tentang uang. Mengapa kita memerlukan uang ? tentu kita memerlukan uang, uang diperlukan untuk biaya peralatan kerja, modal awal, hingga pemasaran. Disini kita harus sangat jeli dan memperhitungkan bagaimana suatu bisnis game itu terbangun serta berjalan dengan lancar agar bisa mengalami kemajuan dan mendapatkan keuntungan yang semakin lama semakin meningkat.
·         Keuntungan , Setelah mengetahui tentang modal dasar serta biaya operasional, maka mulailah bisnis berjalan. Mulai dari sini kita bisa memperhitungkan apakah bisnis ini mempunyai keuntungan jika dijalankan terus-menerus atau sebaliknya, alangkah baiknya jika kita menghentikan bisnis ini dan melakukan intropeksi kesalahan apabila menimbulkan kerugian / kebangkrutan.
·         Masa Depan Bisnis, Aspek ini akan mengkaji lebih komprehensif mengenai masa depan bisnis Anda. Jangan sampai, kita tahu bahwa bisnis game yang digeluti adalah bisnis musiman, namun perencanaan yang diterapkan adalah untuk bisnis yang permanen. Modal investasi ke depan dan keuntungan menjadi tolak ukur keberhasilan suatu bisnis, lalu apa langkah selanjutnya? Dalam artian setelah bisnis telah kembali modalnya lalu bagaimana seorang pebisnis itu mengembangkan modal awalnya dan menabung keuntungan yang telah kita dapat dari bisnis yang sudah dijalani.
Aspek Perkembangan Bisnis Game
Beberapa aspek yang sangat berpengaruh dalam pengembangan sebuah bisnis di industri game termasuk dalam industri kreatif, yaitu : Sumber Daya Manusia (SDM), Industri, Teknologi, Institusi, dan Finansial (Sumber dana).
·         Sumber Daya Manusia, Mulai tumbuhnya SDM kreatif dan mulai mendapatkan apresiasi dari khalayak lain, tetapi masih belum menjadi konsen atau fokus pemikiran dan masih kurangnya tenaga kreatif untuk dijadikan pondasi.
·         Industri, Jalur distribusi fisik dan koneksi virtual dalam kualitas infrastruktur masih rendah serta daya tawar distributor lebih besar dibanding produsen.
·         Teknologi, Pertumbuhan sektor teknologi informasi yang semakin pesat, serta lemahnya penguasaan teknologi dalam bidang industri kreatif.
·         Institusi, Dukungan pemerintah dalam bentuk kebijakan dan aturan untuk pengembangan industry kreatif. Adapun kurangnya apresiasi masyarakat terhadap industri kreatif.
·         Finansial / Sumber Dana, Bantuan pemerintah dalam pemberian kredit pada UMKM. Serta belum adanya skema pembiayaan yang sesuai dengan industri kreatif.
Aspek Teknologi dan Bisnis Dalam Game
Dilihat dari beberapa sisi, maka terdapat beberapa aspek yang dapat dilihat dalam perkembangan teknologi, diantaranya aspek ekonomi, aspek sosial budaya dan berbagai aspek lainnya. Diantaranya :
·         Aspek Ekonomi, Adanya perkembangan ekonomi yang pesat telah mempengaruhi berbagai bidang, salah satunya perekonomian. Perkembangan teknologi dijadikan suatu gambaran bahwa semakin maju perkembangan teknologi disuatu negara maka perekonomian di negara tersebut juga maju.
Pengaruh Positif
Belanja Online : dengan semakin canggihnya teknologi saat ini juga dapat memudahkan orang dalam hal belanja. Tingkat keberhasilan dari online shop menjadikannya semakin banyak diminati. Orang akan lebih banyak berbelanja di online shop karena dianggap lebih praktis.
Pembayaran melalui Bank / ATM : kemajuan teknologi juga dirasakan dengan adanya mesin ATM. Orang dapat dengan mudah melakukan transaksi hanya dengan melalui mesin ATM, selain lebih cepat juga lebih aman karena tidak perlu membawa uang cash dalam jumlah yang banyak dalam melakukan transaksi secara besar.
Pengaruh Negatif
Persaingan dalam dunia kerja. Adanya perkembangan teknologi juga memberikan dampak negatif terhadap perekonomian. Contohnya penyerapan tenaga kerja, saat ini semakin banyak pabrik yang lebih banyak menggunakan tenaga mesin dibandingkan dengan tenaga manusia karena dianggap lebih menguntungkan dalam hal waktu juga dari hasil kerja. Kalaupun ada yang menggunakan tenaga manusia maka individu tersebut harus dapat memenuhi kriteria yang diharapkan seperti memiliki pengetahuan yang tinggi dan skill yang bagus.
·         Aspek Sosial, Perkembangan teknologi juga sedikit banyaknya telah mempengaruhi bidang sosial, mempengaruhi sikap dan gaya hidup seseorang dalam proses sosialisasi.
Pengaruh Positif
Dengan adanya teknologi memudahkan banyak orang dalam hal berkomunikasi. Dengan jarak jauh sekalipun orang dapat berkomunikasi baik melalui telepon, handphone, video call, e-mail, bbm bahkan media sosial seperti facebook, twitter dan sebagainya. Selain itu dengan adanya media sosial kita bisa mengenal orang-oranng dan teman-teman baru yang bahkan berada diluar negeri dengan mudah.
Pengaruh Negatif
Kurangnya bersosialisasi dengan keluarga dan tetangga, dengan adanya teknologi yang semakin canggih kita dapat melakukan apapun dengan mudah, tetapi hal ini juga akan berpengaruh kepada proses sosialisasi individu. Contohnya anak-anak akan lebih asik menghabiskan waktunya di depan komputer atau game console hanya untuk main game. Para remaja akan lebih sering berkutat dengan androidnya untuk chating di media sosial, atau sekedar browsing di internet dalam waktu yang lama.  Dalam hal ini saja para anak-anak dan remaja akan lebih sering menghabiskan waktunya dengan gadget dibandingkan dengan keluarganya atau teman sebayanya. Atau jika seorang ibu lebih asik menonton acara gosip atau sinetron ditelevisi dan seorang ayah lebih suka menghabiskan waktunya depan gadgetnya untuk mengerjakan tugas kantor atau hanya sekedar untuk membaca surat kabar secara online. Maka bisa dipastikan orang-orang akan berada pada zona nyaman tersebut dan enggan untuk keluar dan bergabung walau hanya sekedar untuk berbincang dengan tetangga sekitar rumah. Hal ini menjadikan kurangnya sosialisasi individu terhadap lingkungan sekitarnya.
·         Aspek Budaya, Budaya di Indonesia saat ini sudah dipengaruhi oleh kemajuan teknologi. Ada dampak positif dan negatifnya dari keterkaitan teknologi dengan budaya yang ada.
Pengaruh Positif
Pertukaran budaya akan lebih mudah dilakukan dengan adanya kemajuan dari teknologi. Melalui akses internet, kita dapat dengan mudah mempelajari suatu budaya tanpa harus pergi ke tempat asal dari budaya tersebut. Tarian, musik, film, makanan dan sebagainya dapat dengan mudah kita pelajari hanya dengan mengakses internet.
Pengaruh Negatif
Adanya kebiasaan yang mulai ditinggalkan, misalnya saat menjelang idul fitri. Dulu saat menjelang idul fitri orang-orang akan sibuk denngan mengirim kartu ucapan di kantor pos, atau akan berkunjung dari satu rumah ke rumah lainnya pada tetangga atau sanak saudara. Namun seirng dengan kemajuan jaman dan kemajuan teknologi saat ini orang akan lebih suka mengirim ucapan selamat atau ucapan maaf melalui telepon, sms, atau bbm bahkan melalui media sosial karena diangap lebih mudah, lebih cepat dan lebih praktis
c)      3D Engine
Game engine adalah sebuah sistem perangkat lunak (software) yang dirancang untuk pembuatan dan pengembangan suatu video game. Game engine memberikan kemudahan dalam menciptakan konsep sebuah game yang akan di buat. Mulai dari sistem rendering, physics, arsitektur suara scripting, A.I, dan bahkan sistem networking. Game engine dapat dikatakan sebagai jiwa dari seluruh aspek sebuah game.
Engine Berbayar untuk membuat game 3D:
1. 3D Game Maker
2. 3D Game Studio
3. DarkBASIC
4. TrueVision
5. FPS Creator
6. Blade 3D
7. Source
8. Esenthel for commercial
9. Torque 3D
10. Shiva 3D
11. CryEngine

Engine Gratis untuk membuat game 3D:
1. Panda 3D *)
2. OGRE *)
3. Esenthel for non­commercial
4. Unity Free Edition
5. G3D *)
6. Genesis3D *)
7. FPS Creator Free Edition
8. DarkBASIC Pro Free Edition
9. Cube 2 (Sauerbraten) *)
10. Unreal Development Kit
11. Platinum Arts Sandbox *)
12. CAST II *)
13. 3D RAD Pro
14. DX Studio
15. Blender *)
16. Angel ( ini engine­nya Nusantara Online) *) **)
17. Irrlicht *)
18. id Tech (a.k.a Doom Engine, yang dipakai membuat Doom 2) *)
19. Quake Engine (yang dipakai menggarap Quake dan Half­Life) *)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar