E-COMMERCE
Pengertian
E-Commerce, berbagai macam mengenai deskripsi atau penjelasan E-Commerce. Kata kunci
dari E-Commerce yaitu teknologi, elektronik, transaksi, perdagangan dan juga
jaringan. Kenapa dapat dikatakan seperti itu? Karena dari kata kunci tersebut
dapat disimpulkan dengan mudah, E-Commerce yakni wadah elektronik untuk
melakukan transaksi perdagangan yang menggunakan jaringan internet dengan
perkembangan teknologi masa kini. Jika kalian masih bingung dengan E-Commerce,
dapat diambil contoh E-Commerce yang tidak asing lagi, yakni BukaLapak.
BukaLapak merupakan transaksi perdagangan berbasis elektronik, pembeli dapat
dengan mudah mencari barang dagang dengan sekali klik, untuk pembayaran dapat
menggunakan E-Pay dan pastikan anda juga sedang terhubung dengan jaringan
internet.
E-Commerce banyak jenis,
ada beberapa diantaranya:
·
Business to
Business (B2B)
Jenis
e-commerce yang dilakukan oleh pihak yang saling memiliki kepentingan bisnis, lebih
mudahnya disebut bisnis antar perusahaan, menggunakan EDI (Electronic Data
Interchange) dan email yang berguna untuk pembelian barang dan jasa, informasi
dan konsultasi, atau pengiriman dan permintaan proposal bisnis.
Contoh
: Unilever (www.unilever.co.id/id/) adalah perusahaan penghasil produk
Home and Personal Care serta Foods & Ice Cream di Indonesia. Unilever
adalah salah satu customers dari PT. Electronic Data Interchange Indonesia.
·
Business to
Consumers (B2C)
E-Commerce
jenis bisnis yang dilakukan antara pelaku bisnis dengan konsumen, seperti
antara produsen yang menjual dan menawarkan produknya ke konsumen umum secara
online. Disini pihak produsen akan melakukan bisnis dengan menjual dan
memasarkan produknya ke konsumen
Contoh:
Asus Store (store.asus.com) adalah E-Commerce yang baru didirikan oleh Asus
yang menjual smartphone buatan asus langsung kepada konsumen. Selain itu
adapula BukaLapak, menjual berbagai macam barang terdapat di website tersebut
kepada konsumen.
·
Consumers to
Consumers (C2C)
Consumers
to Consumers dilakukan antara konsumen dengan konsumen, yaitu perorangan yang
menjual barang atau jasanya melalui situs atau situs jual beli. Contoh: Carmudi
(carmudi.co.id) adalah situs jual beli kendaraan yang memberikan penawaran
terbaik dalam pasar mobil di Indonesia.
·
Consumer to
Bisnis (C2B)
Kebalikan
dari Business to Consumer, dimana konsumen akhir bertindak sebagai penjual
sedangkan perusahaan bertindak sebagai pembeli dan aktivitas ini dilakukan
secara elektronis yang tentunya dengan menggunakan jaringan internet. Contoh : Google
Play
Dampak
Positif
·
Dapat
meningkatkan market exposure (pangsa pasar)
·
Menurunkan biaya
operasional(operating cost).
·
Melebarkan
jangkauan (global reach).
·
Meningkatkan
customer loyality
·
Memperpendek
waktu produksi.
Dampak
Negatif
·
Karena gangguan
pelayanan. Kesalahan ini bersifat kesalahan non-teknis seperti aliran listrik
tiba-tiba padam.
·
Kehilangan
kepercayaan dari para konsumen karena berbagai macam faktor seperti usaha yang
dilakukan dengan sengaja oleh pihak lain yang berusaha menjatuhkan reputasi perusahaan
tersebut.
·
Kerugian yang
tidak terduga yang disebabkan sengaja, ketidakjujuran, praktek bisnis yang
tidak benar, kesalahan faktor manusia, kesalahan faktor manusia atau kesalahan
sistem elektronik.
E-Business
E-Business
cakupan luas dari E-Commerce. Tidak hanya melakukan perdagangan, tetapi juga sebagai
iklan. E-Business sangat berguna bagi E-Commerce, karena mendukung
bagian-bagian pada perusahaan seperti bagian prroduksi, finance, marketing.
Jadi penggunaan teknologi dan jaringan untuk menjalankan sekaligus mengelola
bisnis sehingga mendapatkan keuntungan. Untuk bentuk bisnisnya, perusahaan
harus memutuskan yang mana e-bisnis model terbaik sesuai tujuan mereka. Berikut
ini adalah model e-bisnis yang diadopsi :
·
E-shops
·
E-commerce
·
E-procurement
·
E-malls
·
E-auctions
·
Virtual
Communities
·
Collaboration
Platforms
·
Third-party
Marketplaces
·
Value-chain
Integrators
·
Value-chain
Service Providers
·
Information
Brokerage
·
Telecommunication
·
Customer
relationship
Daftar
Pustaka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar