Menganalisa dampak
periklanan dari proses infomasi produk terhadap konsumen dapat dilihat dari
empat pandangan yang merupakan hubungan antara kognitif, afektif dan konatif
dari struktur sikap yang dimiliki seseorang. Yaitu ;
1. The
Learning Hierarcy
Pandangan teori ini
belajar menerangkan bahwa setiap informasi ( termasuk iklan produk tertentu)
pertama-tama akan menerpa konsumen dan akibatnya terjadi perubahan komponen
kognitif dari konsumen tersebut, kalau sudah dimengerti dan dipahami informasi
tersebut barulah terjadi perubahan lanjutan yaitu komponen afektif (sikap)
terhadap produk kemudian kesinambungannya terjadi perubahan pada komponen
konatif (tingkah laku/prilaku). Urutan theori ini adalah : learn, feel, do (
belajar, merasakan, bertindak).
2. The
Dissonance Attribution Hierarcy.
Kondisi ini merupakan
kebalikan dari pandangan hirarchi belajar; dimana proses model atribusi disonan
ini adalah ; do,feel, learn (bertindak, merasakan, belajar).
3. The
Low Involvement Hierarchy
Pendekatan psikologis
menjelaskan dampak iklan dengan model keterlibatan rendah dapat dijelaskan ;
pertama sekali informasi menerpa konsumen dengan perubahan komponen kognitif
seseorang terhadap produk, kemudian mengakibatkan perubahan konatif yaitu
prilaku/tindakan tertentu pada suatu produk selanjutnya barulah terjadi
perubahan pada sikap, evaluasi,perasaan tertentu pada produk yang
pesan-pesannya telah menerpa konsuumen.Rumusannya adalah : Learn, do,feel (
belajar, bertindak dan merasakan).
4. The
Batra-Ray Model.
Bahwa informasi tentang
suatu produk yang berasal dari iklan biasanya langsung mempengaruhi kognisi
dari konsumen. Namun demikian kognisi konsumen itu bersumber pada dua afeksi
yang berbeda, yaitu perasaan konsumen terhadap merek suatu produk tertentu. Dan
perasaan konsumen terhadap penampilan iklan dari produk yang sama.Perubahan kognitif selanjutnya menyebabkan perubahan sikap hedonik (perubahan produk yang lebih menyenangkan) dan selanjutnya mempengaruhi pada prilaku terhadap produk. Semuanya berakhir pada perubahan sikap tentang sejauhmana faedah daripada produk yang diiklankan tersebut
SUMBER:
http://basic-advertising.blogspot.com/2009/06/fungsi-tujuan-dan-dampak-periklanan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar