1. Dampak terhadap produk
Kepercayaan terhadap produk meningkat dan memperkuat
daya beli konsumen sehingga pabriknya harus memproduksi lebih banyak lagi untuk
memenuhi selera konsumen. Selera ini menyangkut jumlah dan variasi mutu.
2. Dampak terhadap Media
Media akan mendapat keuntungan , karena pengiklan
(melaluibiro iklan) memesan ruang dan waktu yang dimiliki oleh media untuk
digunakan bagi penyebaran pesan tentang produknya.
3. Dampak terhadap Perusahaan.
Dengan periklanan maka banyak orang mengenal nama
pabrik, bagaimana cara bekerjanya, kemajuanmanagemennya, siapa sebenarnya
menjadi otak dibalik kesuksesan, perkembangan perburuhan, teknologi yang
digunakan
4. Dampak terhadap para pesaing
Dengan adanya iklan suatu perusahaan akan
mengakibatkan pabrik lain akan berusaha memproduksi barang yang sejenis ataupun
substitusi lainnya.
5. Dampak terhadap Konsumen.
Konsumen mempunyai pilihan yang lebih banyak dan bervariasi terhadap produk
yang sama maupun substitusi
6. Dampak terhadap Bisnis dalam Masyarakat.
Iklan mengakibatkan terbentuknya suatu jaringan bisnis apakah itu
jaringan bisnis baru maupun memperluas jaringan bisnis yang lama. Semuanya
berdampak pada pemerataan pendapatan.
8. Dampak kepentingan Produksi Massal.
9. Dampak Terhadap Nilai suatu Produk.
Periklanan mempunyai dampak terhadap nilai suatu produk karena :
a. Periklanan dapat memperlihatkan pelbagai cara yang baru dalam penggunaan suatu produk tertentu.
a. Periklanan dapat memperlihatkan pelbagai cara yang baru dalam penggunaan suatu produk tertentu.
b. Periklanan dapat menambah nilai yang lebih positip terhadap produk dan
gengsi serta derajat konsumen kalau konsumen selalu memakai produk yang
dianjurkan oleh iklan.
c. Menambah nilai ekonomi untuk barang maupun jasa tertentu dalam pandangan
konsumen. Konsumen meletakkan barang/jasa tertentu tersebut menjadi suatu
kebutuhan yang mendesak yang harus dipenuhi dalam suatu waktu tertentu.
10. Dampak pada Harga.
Periklanan juga berdampak pada harga barang/jasa. Karena periklanan
menambah nilai suatu produk maka dampak berikutnya adalah penambahan biaya
iklan untuk produk itu pada media.Dalam beberapa kasus ternyata pengiklan suatu
produk biasanya lebih murah daripada tidak mengiklankannya sama sekali. Namun
demikian biaya iklan tetap dibebankan pada harga suatu produk yang pada akhirnya
ditanggung oleh konsumen.
11.Dampak ekonomi periklanan dan prespektifnya.
Menurut J.T Russel dan W.R. Lane, akibat-akibat periklanan terhadap ekonomi
dibagi dalam empat kategori :
a. Imbauan paling
produktif; Periklanan yang menghasilkan kesejahteraan ekonomi terbesar dengan
biaya yang serendah- rendahnya. Tujuan dari kategori ini agar pembeli maupun
penjual dapat mengambil manfaat yang sama
b. Imbauan Produktif; periklanan yang menaikan harga-harga atau dalam beberapa hal menciptakan ketidakpuasan terhadap produk-produk yang masih memiliki kegunaan
sehingga menyebabkan konsumsi produk-produk baru yang tidak perlu.
b. Imbauan Produktif; periklanan yang menaikan harga-harga atau dalam beberapa hal menciptakan ketidakpuasan terhadap produk-produk yang masih memiliki kegunaan
sehingga menyebabkan konsumsi produk-produk baru yang tidak perlu.
c. Agak Produktif ; Periklanan yang menciptakan peningkatan dalam seluruh
permintaan tetapi pada tingkat yang lebih rendah daripada beberapa tehnik lain
yang akan dicapai atau pada tingkat pengeluaran tinggi yang akan dicapai atau
pada tinggkat pengeluaran tinggi yang tidak diperlukan.
d. Tidak produktif; Periklanan yang tidak meningkatkan permintaan umum, tetapi
tidak mengakibatkan kerugian.
Paling tidak iklan memberikan dua harapan masa depan karena keberadaanya yaitu ;
1.Iklan telah mengakibatkan para pembeli melakukan seleksi, memilih alternatip terhadap informasi tentang produkyang ditawarkan oleh iklan itu sendiri.
2.Iklan mengakibatkan pula perusahaan-perusahaan saling bersaingan lebih efektif untuk mendapatkan uang karena telah menawarkan informasi terhadap produknya.
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar