1. Fungsi Periklanan
Pada
awalnya, fungsi iklan hanyalah salah satu jalan untuk memperkuat dorongan
kebutuhan dan keinginan konsumen terhadap suatu produk untuk mencapai pemenuhan
kepuasannya. Namun seiring dengan perkembangan zaman, iklan menjadi badian
terpenting untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal. Selain untuk
mempengaruhi konsumen melalui materi dan visualisasinya, iklan juga digunakan
untuk mempertahankan konsumen yang sudah menggunakan produk tersebut agar tetap
menggunakannya. Berikut ini beberapa fungsi iklan dalam kehidupan manusia.
a. Sebagai Sumber Informasi
Iklan
memang merupakan dumber informasi bagi masyarakat untuk memilih alternative
produk yang lebih baik atau yang lebih sesuai dengan kebutuhan. Hanya dengan
iklan orang bias mengetahui berbagai produk baru. Masyarakat tinggal melihat
atau mendengar berbagai macam iklan tersebut, kemudian menentukan pilihan.
b. Sebagai Kegiatan Ekonomi
Salah
satu fungsi iklan adalah untuk kegiatan perekonomian, entah untuk jangka
panjang atau pendek. Kegiatan ekonomi tentu merupakan kegiatan yang sangat
dibutuhkan oleh manusia. Mereka semakin berlomba-lomba dalam mendapatkan
keuntungan yang besar.
Dengan beriklan secara tidak langsung akan membuat para pelaku ekonomi tetap memperoduksi dan memperdagangkan produk mereka. Sedangkan bagi konsumen akan membeli berbagai produk tersebut dengan konsekuensi yang berbeda-beda. Dengan begitu maka perputaran mata uang tidak akan pernah berhenti. Kegiatan perekonomian dalam kehidupan akan terus berjalan secara alamiah.
Dengan beriklan secara tidak langsung akan membuat para pelaku ekonomi tetap memperoduksi dan memperdagangkan produk mereka. Sedangkan bagi konsumen akan membeli berbagai produk tersebut dengan konsekuensi yang berbeda-beda. Dengan begitu maka perputaran mata uang tidak akan pernah berhenti. Kegiatan perekonomian dalam kehidupan akan terus berjalan secara alamiah.
c. Sebagai Pembagi Beban Biaya
Secara
tidak langsung, periklanan juga sangat membantu terciptanya skala ekonomi yang
besar bagi setiap produk yang dihasilkan. Adanya skala ekonomi yang besar ini,
akan berdampak dengan menurunnya biaya produksi dan distribusi per-unit atas
produk tersebut. Pada gilirannya harga jual dimasyarakat akan menjadi murah.
d. Sebagai Sumber Dana Media
Selain
orang yang memiliki produk, media yang dibuat untuk beriklan juga akan
mendapaykan dampak positif dengan adanya iklan ini. Kedua pihak sama-sama
mendapatkan keuntungan yang besar. Jika iklan dipasang dimedia cetak, maka
secara tidak langsung periklanan akan menunjang harga eceran atau langganan
media surat kabar tersebut. Sehingga media yang digunakan promosi juga akan
terjual keras. Begitu pula dengan media elektronik. Namun begitu, dibandingkan
media cetak, media elektronik seperti televise, mematok harga yang relative
lebih tinggi, sehingga tidak semua orang bisa beriklan disana.
e. Sebagai Identitas Produsen
Iklan
juga berfungsi untuk mengenal identitas dari produsen barang tersebut. Karena
memang tidak semua konsumen mengetahuii produsen yang membuat barang yang
dibeli dan dipakainya setiap hari. Pengenalan identitas produsen ini diharapkan
dapat meningkatkan kepercayaan bagi konsumen untuk tetap menjadi konsumennya.
Selain itu pengenalan identitas produsen ini juga dimaksudkan agar konsumen
dapat membedakan dan tidak salah dengan barang milik produsen lain.
f. Sebagai Saran Control Kualitas Barang
Saat
ini banyak sekali barang tiruan masuk dipasaran. Oleh karena itu, peran iklan
sangat penting untuk memberi petunjuk pada konsumen agar tidak salah membeli
barang tiruan. Melalui kegiatan periklanan, masyarakat akan terbantu untuk
membedakan berbagai produk resmi dengan tiruan.
SUMBER:
http://www.iklanizer.com/2013/04/fungsi-dan-tujuan-periklanan.html
SUMBER:
http://www.iklanizer.com/2013/04/fungsi-dan-tujuan-periklanan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar