- Pengertian Iklan Online
Iklan Online adalah
upaya pemasaran online dengan menampilkan sebuah situs web pada hasil pencarian
search engine dengan cara berbayar. Iklan olnlin juga bias di gambarkan sebaga
kegiatan memasang iklan untuk menawarkan produk atau jasa lewat dunia maya,
yang tujuannya tidak lain adalah untuk meraih keuntungan dari kegiatan
penjualan.
Dibawah ini ada
beberapa contoh jenis-jenis iklan online
1. Direct Advertising
Di mana pemasang iklan
dan pemilik media berhubungan langsung dan menandatangani kontrak untuk
menampilkan iklan atau inisiatif promosi lainnya
Kelebihan direct
advertising ini proses promosinya cepat.
Kekurangannya yaitu
jarang orang yang berkunjung untuk membeli produk online.
2. Self-service
Advertising
Pendekatan iklan baru di
mana materi iklan, penempatan iklan, tampilan serta teks dikerjakan sendiri
oleh pemasang iklan melalui metode proses yang dilakukan sendiri di Online.
Kelebihan Self-service Advertising yaitu pemasang iklan sesuai dengan apa yang ti tampilkan di iklan dan arang tersebut merupakan barang dari prouknya sendiri
Kekurangan Self-service Advertising salahsatunya yaitu banyak barang yang hampir menyerupai barang yang di pasarkan sehingga orang bisa melihat sebelah mata.
Kelebihan Self-service Advertising yaitu pemasang iklan sesuai dengan apa yang ti tampilkan di iklan dan arang tersebut merupakan barang dari prouknya sendiri
Kekurangan Self-service Advertising salahsatunya yaitu banyak barang yang hampir menyerupai barang yang di pasarkan sehingga orang bisa melihat sebelah mata.
3. Ad Networks
Sebuah jaringan
(network) iklan yang menghubungkan dan memediasi antara pemasang iklan dengan
pemilik situs web. Jaringan iklan seperti ini biasanya menargetkan
kampanye-kampanye yang tidak mempunyai target audience khusus, tetapi mengincar
sebesar mungkin orang yang melihat iklan dengan biaya sekecil mungkin
Kelebihannya yaitu biaya pemasangan iklan ini tergolong murah, Kekurangannya yaitu tidak banyak orang mengenal dan jarang orang masuk kedalam situs tersebut.
Kelebihannya yaitu biaya pemasangan iklan ini tergolong murah, Kekurangannya yaitu tidak banyak orang mengenal dan jarang orang masuk kedalam situs tersebut.
4. Contextual
Advertising
Iklan yang ditargetkan
pada content. Iklan tidak ditampilkan secara random, tetapi telah dipilih oleh
sistem secara otomatis sesuai dengan content yang relevan dengan iklan
tersebut.
Kelebihannya yaitu
banyak orang yang mengakses iklan ini dan iklan ini sangat menguntungkan bagi
orang yang sudah terlibat dan karena iklan tersebut menjanjikan dengan
keuntungan yang membuat calon konsumen tertarik untuk mencoba
Kekurangannya karena dipilih secara otomatis dan prosedur yang rumit
Kekurangannya karena dipilih secara otomatis dan prosedur yang rumit
5. Twitter Advertising
Iklan yang berfungsi sebagai tweet dari pemasang iklan, yaitu iklan berbasis keyword yang pendek, yang didistribusikan kepada user yang membaca content yang sesuai dengan keyword yang dipilih.
Kelebihan Twitter adalah iklan yang disebarkan sangat cepat di respon oleh calon konsumen dan dengan adanya twiiter maka konsumen bisa mendapatkan iklan tersebut dimanapun dan kapanpun
Kekurangan yaitu banyak orang yang hanya memaca iklan tersebut dan tidak tergiur untuk mencobanya, dikarenakan kurangnya post gambar dan mengandalkan teks saja.
Iklan yang berfungsi sebagai tweet dari pemasang iklan, yaitu iklan berbasis keyword yang pendek, yang didistribusikan kepada user yang membaca content yang sesuai dengan keyword yang dipilih.
Kelebihan Twitter adalah iklan yang disebarkan sangat cepat di respon oleh calon konsumen dan dengan adanya twiiter maka konsumen bisa mendapatkan iklan tersebut dimanapun dan kapanpun
Kekurangan yaitu banyak orang yang hanya memaca iklan tersebut dan tidak tergiur untuk mencobanya, dikarenakan kurangnya post gambar dan mengandalkan teks saja.
SUMBER: https://yogatarunasutarno.wordpress.com/2014/01/02/pengertian-dan-jenis-jenis-iklan-online/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar