1. RENCANAKAN STRATEGI
Langkah awal yang
penting sebelum action adalah buat list rencana strategi penjualan. Online shop
perlu menerapkan ini, misalnya penentuan terget penjualan, penentuan list
daftar strategi apa saja yang akan dilakukan untuk meningkatkan penjualan,
siapa yang akan menjalankan strateginya, dll.
2. MAKSIMALKAN TWITTER
Banyak yang tahu
strategi Twitter, tapi hanya sedikit yang memaksimalkannya:
– Fokus pada konten
– Bangun
komunikasi
– Perbesar follower
– Lakukan dengan
konsisten
Twitter dengan follower
yang besar bisa menjadi cara ampuh meningkatkan kunjungan di website online
shop.
3. MAKSIMALKAN FACEBOOK
Maksimalkan Facebook
untuk membangun interaksi dan memperbesar kunjungan di website kita:
– Gunakan Fanspage
– Gunakan Fanspage
– Konsisten update
status
– Jadwalkan secara rutin
– Maksimalkan fitur
– Gunakan Facebook Ads
4. MAKSIMALKAN DATABASE
Jangan anggap remeh
database, database menjadi cara ampuh untuk memperbesar penjualan di masa
mendatang, database misalnya adalah list daftar nama pembeli, nomor HP pembeli,
PIN BB pembeli, atau alamat email mereka.
Intinya, database
jangan dibuang, disimpan agar suatu saat bisa dipakai untuk promosi.
5. EKSEKUSI STRATEGI
Banyak pebisnis sudah
tahu strategi di atas, tapi persoalannya selalu sama, tidak konsisten, belum
maksimal, belum menghasilkan, masih sampingan, belum fokus.
Tips nya, lakukan
strategi di atas dengan konsisten. Fokus untuk monitor dan kejar target.
Usahakan ada tim atau orang khusus yang menangani, sehingga strategi online
shop nya bisa berjalan maksimal.
Ingat, perbesar follower,
fans, database untuk memperbanyak calon pembeli.
6. PERBANYAK PILIHAN
PRODUK
Pada dasarnya salah
satu cara untuk meningkatkan penjualan adalah dengan perbanyak pilihan produk.
Misalnya, jenis produk, tipe produk, varian produk, ataupun produk pelengkap. Strategi
ini juga salah satu cara agar pelanggan tidak beralih ke pesaing.
7. PUNYA TIM PENJUALAN
Tim penjualan adalah
ujung tombak bagi penjualan kita. Usahakan agar kita tidak menjalani bisnis
sendirian, usahakan untuk membangun tim yang solid. Tim penjualan bertugas
untuk melayani calon pembeli, memastikan target penjualan tercapai dan juga
melakukan strategi sales dan promosi yang efektif.
8. PELAYANAN YANG
RESPONSIF
Salah satu hal penting
yang perlu dilakukan oleh pemilik online shop adalah memiliki pelayanan yang
responsif. Artinya, pelayanan jangan lambat, ketika ada konsumen yang mau order
produk, kita harus cepat melayani mereka. Jika kita lambat, konsumen bisa
pindah ke pesaing.
9. BANGUN RESELLER
Salah satu ciri online
shop yang sukses memiliki tim reseller. Bangun strategi reseller untuk
memperbesar penjualan. Reseller adalah orang yang menjualkan kembali produk
kita dan ada ketentuan pembagian keuntungan untuk setiap produk yang
dijualnya. Hal penting untuk strategi ini, usahakan agar reseller
diberikan pelatihan, sehingga penjualannya bisa maksimal karena sudah diberi
training.
10. MARKET PLACE
Selain website online
shop, kita juga bisa menggunakan website marketplace e-commerce, misalnya
tokobagus, bukalapak, ataupun bisa jual di kaskus. Intinya, ini sebagai nilai
tambah, channel tambahan untuk mempromosikan produk kita.
SUMBER:
https://www.warungrakyat.com/blog/10-strategi-meningkatkan-penjualan-online-shop.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar