Senin, 13 Juni 2016

STRATEGI MENINGKATKAN PENJUALAN ONLINE

1. RENCANAKAN STRATEGI
Langkah awal yang penting sebelum action adalah buat list rencana strategi penjualan. Online shop perlu menerapkan ini, misalnya penentuan terget penjualan, penentuan list daftar strategi apa saja yang akan dilakukan untuk meningkatkan penjualan, siapa yang akan menjalankan strateginya, dll.

2. MAKSIMALKAN TWITTER
Banyak yang tahu strategi Twitter, tapi hanya sedikit yang memaksimalkannya:
– Fokus pada konten
– Bangun komunikasi
– Perbesar follower
– Lakukan dengan konsisten
Twitter dengan follower yang besar bisa menjadi cara ampuh meningkatkan kunjungan di website online shop.

3. MAKSIMALKAN FACEBOOK
Maksimalkan Facebook untuk membangun interaksi dan memperbesar kunjungan di website kita:
– Gunakan Fanspage
– Konsisten update status
– Jadwalkan secara rutin
– Maksimalkan fitur
– Gunakan Facebook Ads

4. MAKSIMALKAN DATABASE
Jangan anggap remeh database, database menjadi cara ampuh untuk memperbesar penjualan di masa mendatang, database misalnya adalah list daftar nama pembeli, nomor HP pembeli, PIN BB pembeli, atau alamat email mereka.
Intinya, database jangan dibuang, disimpan agar suatu saat bisa dipakai untuk promosi.

5. EKSEKUSI STRATEGI
Banyak pebisnis sudah tahu strategi di atas, tapi persoalannya selalu sama, tidak konsisten, belum maksimal, belum menghasilkan, masih sampingan, belum fokus.
Tips nya, lakukan strategi di atas dengan konsisten. Fokus untuk monitor dan kejar target. Usahakan ada tim atau orang khusus yang menangani, sehingga strategi online shop nya bisa berjalan maksimal.
Ingat, perbesar follower, fans, database untuk memperbanyak calon pembeli.

6. PERBANYAK PILIHAN PRODUK
Pada dasarnya salah satu cara untuk meningkatkan penjualan adalah dengan perbanyak pilihan produk. Misalnya, jenis produk, tipe produk, varian produk, ataupun produk pelengkap. Strategi ini juga salah satu cara agar pelanggan tidak beralih ke pesaing.

7. PUNYA TIM PENJUALAN
Tim penjualan adalah ujung tombak bagi penjualan kita. Usahakan agar kita tidak menjalani bisnis sendirian, usahakan untuk membangun tim yang solid. Tim penjualan bertugas untuk melayani calon pembeli, memastikan target penjualan tercapai dan juga melakukan strategi sales dan promosi yang efektif.

8. PELAYANAN YANG RESPONSIF
Salah satu hal penting yang perlu dilakukan oleh pemilik online shop adalah memiliki pelayanan yang responsif. Artinya, pelayanan jangan lambat, ketika ada konsumen yang mau order produk, kita harus cepat melayani mereka. Jika kita lambat, konsumen bisa pindah ke pesaing.

9. BANGUN RESELLER
Salah satu ciri online shop yang sukses memiliki tim reseller. Bangun strategi reseller untuk memperbesar penjualan. Reseller adalah orang yang menjualkan kembali produk kita dan ada ketentuan pembagian keuntungan untuk setiap produk yang dijualnya. Hal penting untuk strategi ini, usahakan agar reseller diberikan pelatihan, sehingga penjualannya bisa maksimal karena sudah diberi training.

10. MARKET PLACE

Selain website online shop, kita juga bisa menggunakan website marketplace e-commerce, misalnya tokobagus, bukalapak, ataupun bisa jual di kaskus. Intinya, ini sebagai nilai tambah, channel tambahan untuk mempromosikan produk kita.

SUMBER:
https://www.warungrakyat.com/blog/10-strategi-meningkatkan-penjualan-online-shop.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar